Tuesday, April 23, 2013

Cave story..

Yeah, Good Friday finally comes, Long weekend cui..Kali ini petualangan berlanjut ke Jogja (lagi), kalo diitung itung dalam 5 taun terakhir gw ke jogja 5 kali. Terakhir waisakan di Borobudur. Yah tapi Jogja emang ok banget lah..kali ini tujuan gw adalah kegiatan outdoor ; Sand boarding ama Caving, kenapa caving?hmmm..udah lama banget gw pengen coba caving di gunung kidul ini, letaknya di gunung kidul yang gersang, Goa Jomblang namanya.Kalo Sand boarding itu gw juga baru tau dari hasil googling googling, penasaran aja sih. Jadi Jogja kali ini tanpa candi ataupun jalan jalan cantik di kota. Adventure time.

Damn! Kereta penuh, pesawat mahalnya kampret, nyetir kapok, kudu gimana ya, masa batal..akhirnya cari cari cari, dapet lah travel ELF dengan kapasitas 10 orang, berarti harus cari 8 orang lagi. Yaks satu per satu temen gw tanyain, akhirnya kuota pun terpenuhi di hari hari terakhir. Yak sip berancuttttttt......................................

Hari H pun akhirnya tiba, kami berkumpul di Semanggi, tidak kenal satu sama lain, random lah pokoknya, ada yang lagi galau, ada asisten presiden RI, ada designer, tukang listrik, tukang tambel ban, tukang poto kopi, mami goa, banyak dah. Belum mulai trip udah ada barang kelupaan, TRIPOD..yasuwlah tetap harus berangkat. Merayap menyusuri tol dalam kota, tol cikampek, tol cipularang, naggrek, banjar, kebumen, yogya = 18 JAM !!!!!!!! Sampe sampe jogja uda kaya orang mati, pantat rata, kaki pegel, emosi jiwa..Ok, first thing to do makan. Rumah makan Warung Bu Ageng, sudah cukup lama direkomendasiin beberapa orang temen gw, sering liat di twitter, baca di internet, blog orang, kesan pertama, tempatnya ok banget, nuansa Jawa banget. Gw mesen ayam apa gitu, nyelekit kalo ga salah, dimasak kecap plus sambal hijau, ga pedes, agak manis, menarik rasanya. Sayur lodehnya pun patut dicoba. Suara hujan rintik rintik pun menemani makan siang (sore....) kami. Supir selama di Jogja sudah menjemput, tujuan pertama kami adalah parangkusumo, niat sandboarding pun harus diurungkan, ujannya ga santai..Ok lah, tetep berangkat ke parangkusumo ke pantai depok, disana masih bisa maen atv atao apa keq pikiran gw, eh ujan juga. Cuma neduhan aja deh di bedeng. Lanjut mampir gereja yang berbentuk candi, di daerah gerobokan kalo ga salah, eh lagi misa jumat agung. Balik hotel deh.

Tiba tiba uda malem aja, kami makan Nanamia Pizzeria, waktu gw kesini dulu tempatnya kecil abis, paling cuma ada 8 meja kira kira taun 2010, sekarang udah puluhan meja euy, keren. Pizzanya enak, tipis, crispy, tasty, mantap. Udah kenyang, lanjut ke malioboro “Nangte nangte di Reggae Bar” sambil ngebir santai. “Three Little Birds, pitch by door step, sayin’ every little things gonna be allrite........................”

Ga kerasa uda pagi aja, perjalanan ke jomblang kira kira 2 jam setelah berkutat mencari solar di Jogja, langka tuh solar. Bermodal koordinat dan Google Map, melewati kelokan pegunungan di Wonosari, sampe deh ke resort Jomblang, eh ternyata ada 30 orang duluan yang udah duluan waiting list..Damn. Setelah pilah pilih boots, pasang harness, helm, kita udah siap nih dilempar kebawah. kira kira begini nih bentuk goa dan dalemnya, kita turunnya pelan pelan dan dikerek, jadi ga gitu serem *pegangan tali*.

Sampe bawah ketemu hutan purba, katanya si uda ratusan taun, bentuk pohonnya katanya beda ama di atas, ga terlalu merhatiin si, tapi emang hijau banget, hutan nya rapet. Yang memiliki area goa ini adalah Mas Cahyo Alkantana, yang tujuan utamanya adalah menyelamatkan goa ini dari tangan tangan jahil (sebelumnya banyak yang nambang batu, kalo didiemin goa ini nanti pasti rusak), dijadikanlah tempat ini menjadi pusat penelitian, sebelum akhirnya dibuka kepada publik. Itu pun masih dengan kehati hatian dalam pengoperasian telusur goa ini, hanya boleh 25 orang per hari yang turun ke dalam goa ini, hari ini adalah pengecualian karena banyak yang datang tanpa reservasi, lalu safety sangat menjadi perhatian. Hal ini bertujuan menjaga ekosistem yang sudah ada di dalam goa tersebut selama ribuan tahun. Alam itu ganas bung, salah sedikit nyawa ilang, beberapa minggu lalu ada kejadian 3 orang yang sedang diklat meninggal di salah satu goa di Gn Kidul. Hiii..ok lah, kita segera berjalan menyusur ke goa grubug, waktu paling ok disini pada saat matahari di atas persis, antara jam 12-1 siang. Menyusuri jalan setapak yang lumayan curam, masuk ke goa yang gelap, sebelum akhirnya melihat surga (eh cahaya nya doank sih).

Meskipun belom puas poto poto, kita uda harus gantian ama rombongan laen. Kita pun balik ke arah pertama turun, kita poto poto lagi deh ala boyband sambil nunggu dikerek ke atas.

Nah kebetulan ada nih temen gw bisa banget, ngeliat cewe cakep dikit ga bisa..Cewe produk negeri jiran lagi travelling ke jogja..Putih mulus..Yang penting move on lah buddy..hahahaha..

Perjalanan pulang pun ditemani hujan rintik, kami pun makan malam di salah satu tempat makan yang lumayan ngehits juga..warung raminten, ternyata penuhnya kaya kampret..menu makanan murah, rasa yah so so, hmmmm no comment ah..yang pasti gw makan ini bikin muntah..asu.
Way back home..yak pantura kali ini, tetep macet masih jadi kawan perjalanan..18 jam juga. Langsung kerja pula, ok lah sampai ketemu di perjalanan yang lain.

Side story :
The damned driver : this driver, drive like hell, smoking in the car, always complaining, phonecall while driving, fighting with his (number three) wife in the phone, and drive more like hell, never have meal, what a driver.