Monday, December 2, 2013

Manado, a few years after..

Babi tore, kepiting, ikan, udang, klapertart, nasi kuning, memenuhi pikiran gw saat pesawat akhirnya mendarat di bandara Sam Ratulangi, Manado. Kira kira uda sekitar 2,5 tahun menyudahi perantauan di kota ini. Makanan tersebut merupakan favorit selama tinggal disini, hehehe. Kali ini gw kesini sebagai turis, temen baik gw selama tinggal disini pun menjemput di bandara dan berbaik hati untuk meminjamkan mobil. Yippieee, kami pun mengantarkan dia terlebih dahulu karena ada family gathering di ex kantor gw. Too bad dia ga bisa ikut nemenin gw menyisir kota manado lagi..

Makan siang pertama...Babi tore..hehehe, gw masih inget jalanan manado euy, yang paling gw inget angkotnya metalll, gemerlap dan canggih sound nya..gw akhirnya ke tomohon, ke bukit doa, salah satu tempat favorit gw juga, bukit yang terletak di areal pegunungan dekat kota tomohon, udara sejuk, pemandangan indah, kapel dengan arsitektur yang ajaib, taman yang hijauu..hehe foto gw ambil dari jaman dulu aja..kali ini gw ga moto moto, pengen nyantai aja..

Abis itu ke danau Linaw, too bad tempat ini lagi di renovasi, padahal tempat ini sangat indah, udara yang sejuk, kafenya pewe banget, tp sekarang mungkin lagi ekspansi, dulu si katanya mau bangun resort. Kami hanya bisa menikmati keindahan danau ini dari sisi yang lain, banyak pondokan kayu yang berjualan kopi atau indomi..Ok tujuan selanjutnya adalah Gardenia Country Inn, ini tempat emang pewe banget, gw uda pernah nulis ttg tempat ini..cakep banget dah tempatnya, really relaxing..

Sayang 2 dari teman kami tidak bisa bergabung untuk jalan jalan di Tomohon, karena pesawat singa itu membatalkan tiket seenak jidat dan memberikan tiket baru 7 jam setelahnya, gila apa..singa anyinggg..

Pagi kami sudah bersiap siap untuk diving di Lembeh, kami jalan jam 7an dari Manado, kami berkendara ke Bitung. Diving di Lembeh memang menjadi pengalaman yang mengesankan, diving di lumpur dan mencari critter yang unik unik dan banyak yang hanya hidup di selat ini. Kami pun dibagi menjadi 3 grup, ada yang baru mengambil Possi 1 star dan ada yang ambil 2 star..lets dive..tidak terlalu banyak yang dilihat di diving pertama ini (TK2)..kami pun melanjutkan diving di Magic Rock, formasi batuan dan juga karang serta pasir hitam menjadi pemandangan kami selama di bawah, banyak shrimp, nudie, crab, dan kami melihat 7 pigmy seahorse, 4 berwarna kuning, dan 3 berwarna pink. Uhuiii..Waktu pun sangat terbatas, kami harus kembali ke Manado untuk melakukan night dive, kali ini spotnya adalah Sedona Reef..Kami pun menikmati makan malam sea food di City Extra..it was a long day..

Esok harinya kami berangkat ke bunakan untuk melanjutkan diving kami, 2 dive di bunaken, Fukui dan lekuan 2..”visibility was not the best but still bunaken is bunaken”..pada akhir diving kami, kami bermain main dengan 4 ekor penyu, salah satunya penyu raksaksa..ditutup dengan nasi kuning khas manado..dan pisang goreng sambel roa..

Malam harinya kami makan malam di D’terrace, sayang udang dan kepiting habis..padahal gw uda kebayang enaknya kepiting saos padangnya disini..gembel, dan emang disini emang pelayanan agak lama..tapi salah satu tempat makan yang paling enak di manado (in my opinion)..So that was the last night, and we have to go back to Jakarta,, short trip but it was fun. Manado, definitely will be back again..sometime..