Friday, March 9, 2012

School of Life part 30 : Sustainable Seafood

Kali ini mari kita sedikit membantu menyelamatkan lingkungan terutama laut. Ikan-ikan laut yang biasa kita makan itu ternyata ga semua bersahabat dengan lingkungan, konsumsi ikan yang berlebih juga dapat membahayakan ekosistem laut. Beberapa species seperti hiu, krapu dan kakap mengalami penurunan populasi secara serius di laut lepas, beberapa bahkan sudah tidak dapat ditemui lagi. Beberapa species langka juga sering diperjual belikan dan dijadikan konsumsi publik padahal dapat menyebabkan kepunahan. Hmm kalo kondisi kaya gini terus menerus terjadi mungkin 10-20 tahun lagi kita diving, populasi ikan akan menurun drastis karena populasi ikan akan terus menurun. Kunjungi www.wwf.or.id/seafoodguide untuk lebih lengkapnya.

Hindari makan ikan dan juga mahluk laut ini :

  • Abalone (dilindungi oleh negara), ini biasa ditemukan di restoran top end. Padahal ikan ini langka.
  • Kuda laut, beberapa kepercayaan mengkonsumsi kuda laut dapat meningkatkan stamina seksual, tapi ga keren nyet makan kuda laut. Lebih lucu kalo dilihat di bawah laut.
  • Krapu dan kakap ini memang makan yang biasa dimakan sehari-hari, tapi dengan meningkatnya konsumsi publik, populasi ini mengalami penurunan drastis dan cukup serius. Pertimbangkan lagi kalo mau makan krapu atau kakap.
  • Telur Penyu, berdasar uu konservasi sumber daya alam dan pp no 7 tahun 1999, penyu itu dilindungi karena terancam punah. Makan telurnya sama sekali ga boleh!!
  • Hiu, setiap kali gw diving gw uda jarang banget liat hiu. Karena banyak banget over fishing dan siripnya berharga mahal. Hiu itu mungkin sekarang uda langka, jadi gausa lah makan siripnya. Mahal pula, dan inget mengandung merkuri yang bahaya bagi tubuh.
  • Lumba-lumba, hmmm lumba lumba tuh lucu dah, masa ada yang tega makan!!
  • Pari, jumlah pari juga mengalami penurunan yang drastis, hindari yak..
  • Udang, hmm sebenernya udang banyak dibudidayakan di tambak, beberapa species harus dihindari seperti lobster, gola, dan udang karang.
  • Kepiting Kenari, kelapa, populasi ini sangat langka dan dilarang oleh pemerintah.

- Lengkapnya lihat ke web WWF yak.

Yang aman dikonsumsi :

- Barakuda, tapi ini juga banyak yang ditangkap dengan menggunakan pukat harimau, sangat mengganggu ekosistem. Tapi masih ok.
- Cakalang
- Cumi
- Kembung
- Kepiting biasa
- Kerang dara
- Ikan kuwe
- Ikan Mahi-mahi
- Tenggiri
- Tuna
- Tongkol

So be responsible yah dengan ekosistem laut kita. Jangan sampai keragaman hayati di lautan di Indonesia hilang.

Seafood itu emang enak tapi kolesterolnya juga bisa membunuh loh :D.

No comments:

Post a Comment