Sunday, October 16, 2011

School of Life part 24 : Tiramisu

Tiramisu adalah sebuah dessert yang berasal dari Italia yang tidak pernah gagal untuk menggoda lidah anda :)

Jadi gw selalu pengen untuk belajar buat Tiramisu, jadi dengan modal resep, bantuan istri+kakak gw. Jadilah Sebuah Tiramisu yang rasanya tidak kalah dengan tiramisu di pastry2 terkenal di Jakarta :D


Bagaimana cara membuat?

Dengan bahan-bahan :

250gr Keju Mascarpone
50 gram Gula kastor (tp gw pake gula pasir)
300ml whipped cream
4 buah telur (kuningnya aja)
2 pack lady finger (secukupnya)
2 sendok kopi instan (robusta)
150 ml Rum/Kahlua/Baileys
1/2 sdt Vanili
Bubuk kakao seperlunya
Air dingin
Kulkas
Coca cola (kalo ini buat yang bikin)

Langkah pertama :
1. Karena gw pake whipped cream bubuk, jadi gw harus mengaduk bubuk whip cream dengan air dingin 300ml, sampe halus tambahkan gula sesuai selera. Dinginkan whipped creamnya di dalem kulkas.

2. Aduk 4 buah kuning telur dengan gula kastor sampai kental, tuangkan vanili lalu lanjutkan dengan merendam mangkuk telur tersebut di dalam air panas sampai hangat (tujuannya biar mateng euy, kalo suka yang mentah mentah diskip aja yah langkah ini)

3. Buat kopi campurkan gula jika perlu, campur dengan Rum/Kahlua/Baileys.

4. Siapkan loyang bongkar pasang, kalo gw pake gelas gelas plastik untuk penyajiannya. Taro lady finger di susunan paling bawah, siram dengan kopi (no. 3 diatas) secukupnya lalu tuangkan whipped cream sampai setengah gelas, taro lady finger lagi dan whipped cream lagi, jadi total ada 4 lapis. sebagai topping tuangkan bubuk kakao di atas kue.

5. Dinginkan sampai dingin.

6. Enjoy, makan dengan tangan lebih nikmat :)

No comments:

Post a Comment