Monday, February 20, 2012

School of Life part 26 : Financial Glimps

Hmmm bagaimana mengatur keuangan pribadi yang baik supaya bisa jalan jalan terus..

Gw juga gatau, gw Cuma mau ngasi highlights tentang apa yang penting dan apa yang ngga..

Do :

· Sisihkan untuk tabungan, sebaiknya alokasikan pendapatan anda, misal 30 % untuk biaya hidup, 20 % untuk liburan, 30 % untuk tabungan rumah/mobil, dan 20 % untuk jaga-jaga. Tapi ini tergantung prioritas idup lo masing-masing. Yang penting konsepnya dulu ya..

· Belanja barang sesuai fungsional dan bukan untukgaya, hmmm ga banyak si orang yang belanja sesuai kebutuhan aja, pasti ada kebutuhan untuk tampil menarik..yah sekarang ga dikit loh orang yang menilai dari kepribadian bukan penampilan.

· Sisihkan untuk amal, jangan lupa berbuat baik dan percaya karma itu ada pada saat yang anda tidak akan kira J.

· Be smart, diskon kartu kredit, cicilan bunga ringan itu racun nyet..pasti nyesel baca tagihan..jadi pakailah sesuai kebutuhan, kalo perlu pake kredit orang laen #eh

· Pasang foto liburan/rumah/mobil tujuan di kamar lo , supaya lo motivasi tetep jalan.

Don’t :

· Tabungan jangan disimpan di bank!! Di bawah kasur?ngga juga dah..percaya ato ngga, bank itu merampas sedikit demi sedikit uang lo, lo dikasi bunga 3% setaon tapi dalam setaon nilai uang lo itu turun karena inflasi at least 6-7%, rugi lo 3-4% setaon. Deposito pun tetep rugi, mulai lah investasi yang liquid, kalau mau aman emas, karena lebih stabil harganya terhadap inflasi dan mudah dijual/gadai.

· Jangan nyicil banyak-banyak, maksimal itu sepertiga dari pendapatan lo, supaya lo ga terlalu berat dan masih bisa hidup dengan tenang.

· Update gadget setiap ada yang baru, gadget itu setaon bisa upgrade 2-3 kali, mulai lah menghargai gadget anda.

· Jangan beli insurance dengan unit link, itu sedikit pembodohan masyarakat. Kalau mau insurance yah insurance aja, sisanya lo beliin aja reksa dana rutin..paket itu memberi kesan menipu..gw udah kejerumus, jadi uda nanggung nunggu balik modal.

Yah intinya bijak lah mengatur uang :D

No comments:

Post a Comment